Untitleddgws.jpg

Pemeriksaan Peserta UN, SMA Ini Gunakan Metal Detector

 

TEMPO.CO, Yogyakarta: Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Senin pagi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, diwarnai dengan pemeriksaan para siswa siswi peserta ujian dengan menggunakan alat metal detector oleh pihak petugas keamanan sekolah. Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya ujian.

Pemeriksaan menggunakan metal detector tersebut sengaja dilakukan pihak sekolah setempat. Para siswa peserta ujian diperiksa sebelum memasuki ruang ujian, selain membuka dan melihat isi tas petugas juga mengecek isi jok sepeda motor para siswa. Dalam pemeriksaan tersebut barang barang seperti telepon genggam milik siswa ditahan sementara selama proses ujian berlangsung.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sardono mengatakan, pemeriksaan dilakukan guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan, seperti adanya siswa yang membawa barang yang dilarang saat ujian, juga untuk meningkatkan konsentrasi serta mengajarkan kejujuran dalam diri siswa.

Selain dengan metal detector , petugas juga meminta secara lisan kepada siswa yang membawa handphone atau alat komunikasi lain agar dititipkan. Setiap alat komunikasi diberi label agar mudah dikenali saat diambil kembali.

 

 

Sumber : https://video.tempo.co/read/2016/04/04/4285/pemeriksaan-peserta-un-sma-ini-gunakan-metal-detector