portable_x-ray_generator_tube2.jpg

Aplikasi Dan Pengertian X-Ray NDT (Non Destructive Testing)

Pada umumnya sinar-X diaplikasikan dalam diagnosis gambar medis dan krisalografi sinar-X, Sinar-X  adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berhaya, sinar-X atau sinar gama adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (sama dengan frekuensi dalam rentang 30 petahertz – 30 exahertz) dan meiliki energi dalam rentang 100 eV – 100 KeV.

Dalam penggunaan sinar-X dibidang industri biasanya digunakan untuk mendapatkan gambaran dari objek yang dituju, bisa berupa material, rangka mesin, organ tubuh manusia atau hewan dan masih banyak lagi.
 
250_250_xray_inspection_system_for_fish_bones.jpg 
 
Non Destructive Testing (NDT)  adalah aktifitas tes atau pengujian terhadap suatu objek (material, rangka, organ tubuh manusia dan hewan) untuk mengetahui kandungan dan  kondisi apakah kondisi objek dalam keadaan cacat, retak, atau ketidak sinambungan objek lainnya tanpa merusak objek yang dalam proses pengujian. Pada dasarnya, pengujian ini dilakukan untuk menjamin bahwa objek yang digunakan masih dalam masa aman dan belum melewati batas toleransi kerusakan material. Proses NDT biasanya dilakukan dua kali:

1. Pengujian objek awal sampai dengan diakhir proses pengujian untuk menentukan kandungan komponen dan dapat ditentukan untuk menguji hasil material, NDT ini dijadikan sebagai bagian dari kendali mutu dari pada komponen-komponen itu sendiri.
2. Pengujian lebih lanjut yang dilakukan setelah komponen-komponen digunakan dalam jangka waktu tertentu, bertujuan untuk memperoleh kekurangan atau kegagalan suatu komponen sebelum mencapai batas toleransi kerusakannya.


X-RAY NDT (non destructive testing)  adalah pengujian tanpa kerusakan menggunakan sinar-X merupakan sebuah aktifitas tes atau pengujian terhadap suatu objek (material, rangka, dll) dengan menggunakan sinar gama atau biasa disebut sinar-X untuk mengetahui kandungan dari objek dan kompnen-komponen yang diuji apa saja yang terkandung di dalamnya serta tercatat secara jelas dan akurat, serta menguji kondisi dan kualitas objek tanpa melampaui batas toleransi kerusakan objek.

Jadi objek yang diujikan dijaga kualitasnyanya tidak perlu menghancur leburkan objek untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya pengujian X-Ray NDT mengandalkan analisis pengamatan jangka waktu yang berkala.