xray_for_machine_components.jpg

Xray For Machine Components Menganalisa Kerusakan Mesin Tak Kasatmata

Produksi komponen-komponen mesin di Indonesia dan negara-negara berkembang sangat amat banyak memproduksi komponen yang satu sama lain saling menyerupai untuk saling memenuhi kebutuhan pasar, cara membedakan banyak produksi adalah dengan melihat logo atau merk komponen-komponen mesin tersebut, karena merk menjadi inisial perusahaan. Berbagai macam komponen berkualitas dan bermutu yang memenuhi standarisasi pasar dagang dan berbagai macam merk dengan symbol dibuat berdasarkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidangnya, untuk saling bersaing untuk meningkatkan ranking company (peringkat perusahaan) serta popularitas.

Produksi komponen beragam berdasarkan kategori yang dikhususkan dari Mesin industri, mesin komputer, mesin-mesin transportasi seperti motor, mobil, pesawat dan masih banyak lagi lainnya. Dalam proses produksi komponen-komponen mesin analisa komponen dan pemantauan perkembangan produk bermerek sangat diperhatikan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan bermutu sesuai standarisasi pasar dagang.

Produksi sangat mengutamakan peranan analisa komponen, karena analisa komponen pada mesin sering kali terjadi kesalahan persepsi karena tidak terlihatnya data kerusakan yang jelas  sehingga menyebabkan kesalahan dalam mengambil tindakan atau proses selanjutnya untuk menperoleh standarisasi prosedural mesin.  produksi mesin harus selalu terjaga kualitas, kuantitas, dan mutu mesin yang diproduksi untuk menghidari kekecewaan konsumen serta menaikan rating perusahaan di pasar dunia.

Banyaknya produksi dan banyak pula hasil produksi tidak sesuai standarisasi (cacat) yang pasar dagang disebabkan human error sehingga mengurangi produktivitas perusahaan bahkan akan menyebabkan rating perusahaan dan image merk komponen perusahaan menjadi jelek.

Oleh sebab itu untuk meminimalisir kejadian seperti ini, dapat dianalisa menggunakan sistem pengujian atau analisa barang produksi dengan menggunakan sensor sinar-X atau biasa disebut dengan xray menggunakan sistem xray ndt dengan metode xray for machine components untuk menganalisis, memantau, serta menelaah kandungan material yang dipergunakan dalam pembuatan machine commponent (Komponen Mesin) yang  ingin dibuat atau pun sudah dibuat untuk menjaga kualitas, kuantitas, dan mutu produksi perusahaan.

Pada dasarnya proses produksi barang selalu ada tahap tahap pembuatanya dari mulai proses pembuatan, pengecekan fisik, sampai dengan pengujian ketahanan hasil produksi berdasarkan standarisasi produksi. Pengujian menggunakan xray for machine components dapat digunakan untuk memantau kualitas komponen dan kondisi komponen secara berkala.