Xray_Inspection_System.jpg

Xray Inspection System Salah Satu Metode Utama NDT

Xray biasa dikenal dengan sebutan sinar-x atau bisa disebut juga dengan sinar gama. Sinar-x merupakan sinar yang memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Tetapi dibalik radiasinya yang tinggi, banyak juga manfaat dan kegunaan yang sangat membantu kehidupan manusia dari bidang kesehatan sampai dengan bidang industrial.

Proses kerjanya untuk menganalisis objek yang sedang dikelola atau diuji untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Serta dengan dilakukannya tindakan yang telah terstruktur sebelumnya, contohnya proses cek kualitas dan kondisi barang. Pada dasarnya analisis merupakan proses penting untuk mengetahui dan menelaah lebih jauh pokok masalah yang sedang dihadapi, sehingga tercapainya hasil analisis yang diinginkan dan dapat mengambil keputusan atas tindakan apa yang selanjutnya akan diambil.

Banyak metode NDT yang dapat digunakan, salah satunya adalah Metode NDT Xray Inspection System. Metode ini dapat dipergunakan untuk menemukan cacat, retakan, goresan, kandungan logam, kandungan molekul-molekul, dll. pada material atau objek yang sedang diproses dengan menggunakan sinar-x dan sinar gama. Pada prinsip kerjanya, sinar-x dipancarkan menembus objek atau material yang diperiksa.

Saat menembus objek, sebagian sinar akan diserap sehingga intensitasnya berkurang. Selanjutnya Intensitas akhir kemudaian direkam pada film yang sensitif. Jika ada cacat, retakan, kerusakan atau kandungan logam yang berlebihan pada material, maka intensitas yang terekam pada film tentu akan bervariasi interface. Warnanya akan berubah sesuai dengan kondisi meterial yang diproses. Hasil rekaman pada film ini lah yang akan memeprlihatkan bagian material yang mengalami cacat, kerusak, total kandungan logam, kandungan-kandungan molekul, dll.

Contoh pokok masalah yang dapat dihadapi seperti proses pengecekan makanan kaleng atau minuman kaleng. Semua proses pengecekan yang kondisinya berada didalam kaleng dapat didukung dengan menggunakan sinar-x atau dengan menggunakan alat Xray Inspection System. Dengan Xray Inspection System, anda dapat meningkatkan kualitas produktifitas serta kualitas barang anda. Penggunaan Xray Inspection System ini juga berfungsi untuk menyeleksi bagian-bagian yang layak atau tidak untuk nantinya dikirim atau diproses lebih lanjut.