xray_cargo.jpg

Aktivitas Cargo di Bandara Terkendali dengan Xray Cargo

Cargo berasal dari bahasa Inggris yang dijabarkan bahasa Indonesia Kargo. Kargo adalah Semua barang yang dikirim melalui transportasi udara (pesawat terbang), laut (kapal) atau darat (truk kontainer) untuk dikirim dan diperdagangkan (Sumber: wikipedi), pengiriman antar wilayah, antar kota di dalam negeri maupun antar negara (internasional) yang dikenal dengan istilah ekspor-impor.

Cargo terbagi berdasarkan kebutuhan meliputi kapasitas bagasi dan pengiriman barang berdasarkan bagasi non-komersil dan ekspor-impor proses pengiriman barang dapat dilakukan melalui transportasi darat,laut atau pun udara. Cargo non-komersil adalah Cargo yang dipergunakan bagi bagasi penumpang transportasi penerbangan dengan muatan terbatas dengan berat dan bentuk yang telah ditentukan sesuai standarisasi maskapai penerbangan yang digunakan, penggunaan jasa penggunaan bagasi dengan transportasi penerbangan biasanya ada batasan tertentu untuk jangka waktunya.

Sedangkan cargo expor-impor adalah cargo yang dipergunakan untuk proses pengiriman barang antar negara atau pun antar wilayah untuk memenuhi kebutuhan expor-impor, dan cargo expor-impor dapat dipergunakan untuk pengiriman perdagangan barang-barang tertentu, biasanya disebut dengan Industrial Cargo . Umumnya barang-barang yang masuk kedalam kargo industri adalah barang-barang bermuatan besar sesuai dengan standarisasi muatan cargo yang berlaku untuk menjaga keamanan serta pemantauan proses input-output barang, karena semakin banyak dibutuhkannya jasa pengiriman barang bermuatan kecil sampai dengan muatan besar, Indikasi perkembangan cargo yang menguntungkan konsumen sehingga jasa pengiriman barang semakin banyak mulai bermunculan.

Perusahaan cargo dalam lingkup internasional yaitu Federal Express, UPS, DHL. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan kargo kelas dunia. Cargo dalam lingkup nasional (lokal) yaitu TIKI, JNE, MSA, Megacitra adalah nama perusahaan cargo yang telah lama berkecimpung di bidang ini. Maskapai penerbangan pun berkecimpung dalam jasa penyediaan cargo , beriku ini adalah maskapai penerbangan yang berperan dalan jasa penyediaan kargo seperti Garuda Indonesia Airlines, Singapore Airlines, Tiger Airlines, Air Asia, citylink, jetstar, easyjet, Merpati Airlines, Hercules airlines, Chingau airlines, Taipe Airlines, Nippon Airlines dan maskapai penerbangan lain pun ikut serta dalam penyediaan jasa cargo .

Transportasi penerbangan terbagi menjadi dua bagian dalam konteks istilah transportasi udara :
1. Penerbangan untuk penumpang (passenger aircraft) yaitu pesawat yang khusus untuk mengangkut penumpang, bagasi dan kargo (surat dan dokumen).
2. Penerbangan khusus kargo (cargo aircraft) yaitu transportasi pesawat terbang yang khusus untuk mengangkut muatan kargo.

Muatan cargo  yang dikirim melalui udara adalah barang yang dikirim tanpa disertai oleh penumpang. Pengiriman bisa melalui maskapai penerbangan ataupun agen cargo (freight forwarder). Pengemasan barang yang dilakukan melalui laut disebut container dan Pengemasan barang melalui udara disebut pallet.

Dalam pengiriman dan pengemasan  barang-barang pada cargo membutuhkan pengecekan barang, pengawasan barang dan pemantauan muatan oleh sebab itu mesin pendukung untuk mendukung optimalnya proses pengecekan, pengawasan dan pemantauan barang-barang cargo dapat menggunakan mesin berteknologi sinar-X pada umumnya mesin ini lebih familiar dengan sebutan mesin xray . Xray cargo ini dapat membantu mengoptimalkan pengawasan kegiatan cargo, pengecekan barang dengan xray cargo dapat menembus material agar dapat mengetahui isi dari sebuah hasi pengemasan dalam cargo ataupun dalam container yang sedang beroperasi.

Mesin xray ini sangat berperan dalam membatu menjaga keamanan lingkungan cargo dengan selalu mengetahui barang-barang apa saja yang keluar dan masuk  dari lingkungan cargo kegiatan ini dilakukan bertujuan menghindari tindak kriminal atau ketidak sesuaian barang-barang yang akan dikirim khususnya saat berlangsung proses input-output barang, maksud dari input-output barang adalah kendaraan bermuatan untuk dikirim masuk kelingkungan cargo untuk dilakukan proses pengemasan  barang, apakah barang sesuai atau tidak dengan data yang ada.

Mesin xray sangat membantu dalam pengendalian dalam proses input-output muatan sehingga muatan selalu terjaga pengawasannya, mesin xray perlu didukung oleh sumber daya yang berpotensi, profesional, teliti dalam proses optimalisasi mesin xray sehingga kesinambungan antara mesin xray dengan sumberdaya saling mendukung untuk memperoleh hasil yang memuaskan.