xray_keamanan_bandara.jpg

Mesin Xray Memperkuat Sistem Keamanan Bandara

Keamanan adalah hal yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan serta menjaga lingkungan, banyak sekali tempat-tempat yang membutuhkan kemanan lebih untuk menjaga keamanan lingkungan khususnya pada lingkungan bandara di indonesia. Salah satu bandara nasional Indonesia adalah Bandara Soekarno Hatta. Bandara adalah tempat dimana penumpang trasportasi udara bermukim, dengan lingkungan yang terlihat nyaman tetapi tak pernah luput dari pengawasan petugas kemanan khusus bandara dan pihak-pihak keamanan negara.

Tidak menutup kemungkinan jika keamanan bandara terbengkalai akan menyebabkan banyak kejadian yang bersifat negatif seperti penyeludupan binatang, penyeludupan obat-obatan terlarang, penyeludupan senjata api dan banyak lagi modus tindak kriminal yang dapat terjadi di lingkungan bandara sehingga dapat menyebabkan kerugian dan tingkat kriminalitas tak terkendali, oleh sebab itu bandara menggunakan mesin pendukung dengan teknologi Xray atau biasa disebut dengan mesin Sinar-X. Mesin xray (sinar-X) berperan membantu serta memaksimalkan kinerja petugas keamanan bandara , seperti berita tentang kemanan bandara yang dikutip dari surat kabar vivanews.

Menjelang hari raya Lebaran, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, menambah fasilitas xray untuk mengantisipasi ledakan penumpang yang menimbulkan antrean penumpang yang akan berangkat maupun tiba. Petugas memasang enam mesin xray baru di terminal satu Bandara Soekarno Hatta, untuk memperketat serta mengantisipasi antrean panjang para penumpang pesawat.

Sementara itu, Humas Angkasa Pura Dua, Sutrisno mengatakan, penambahan mesin xray untuk melakukan antispasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga untuk upaya peningkatan pengamanan kawasan bandara. "Untuk meng-antisipasi barang bawaan penumpang yang membahayakan," ujar Sutrisno. Diperkirakan ribuan calon penumpang akan memadati Bandara Soekarno Hatta pada puncak arus mudik. Kenaikan penumpang terjadi sekitar 15 persen dari jumlah kenaikan pada tahun lalu yang hanya 10 persen.”

Berita tersebut merupakan bentuk peningkatan keamanan di lingkungan bandara dengan bantuan mesin Xray (sinar-X). Xray bandara sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tingkat penjaga dan kemanan lingkungan bandara sehingga berpotensi untuk  menghentikan tindak kriminalitas dan modus-modus kejahatan lainnya di lingkungan bandara dapat tercapai.

Banyak orang yang berdatangan dan berpergian sehingga xray bandara sangat berperan penting untuk menganalisa pada pintu masuk atau keluar dari bandara agar terwujudnya keamanan bandara dapat menggunakan mesin Xray Garrett PD 6500 i, sedangkan untuk barang-barang bagasi atau sebagainya pihak bandara dapat menggunakan mesin Xray FEP ME 640 untuk memaksimalkan kemanan dan kinerja para petugas bandara.