xrd2.jpg

Fungsi dan Manfaat Sinar X-Ray

Sinar X atau X-ray  adalah salah satu alat yang dapat memancarkan sinar elektromagnet. Sinar-X ini mempunyai bentuk yang serupa dengan sinar cahaya biasa, inframerah dan gelombang radio.

Yang membedakan sinar x dengan cahaya biasa adalah dari segi panjang gelombangnya. Sinar-X  mempunyai gelombang yang pendek berukuran 10-7 hingga 10-9.

 

Mesin x-ray atau sinar x dan fungsinya :

 

Dalam bidang kesehatan

                    Ilmu kedokteran : sinar x  dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien. Biasanya, masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’.

                    Sinar-X digunakan untuk mengambil gambar foto yang dikenal sebagai radiograf. Sinar-X  boleh menembusi badan manusia tetapi diserap oleh bahagian yang lebih tumpat seperti tulang. Gambar foto sinar-X digunakan untuk mengesan kecacatan tulang, mengesan tulang yang patah dan menyiasat keadaan organ-organ dalam badan.

                    Sinar-X  digunakan untuk memusnahkan sel-sel kanker. Hal ini dikenal sebagai radioterapi.

                    Dalam bidang Perindustrian, memeriksa retakan dalam struktur plastik  dan getah.

  

Dalam bidang penelitian ilmiah

Sinar-X  digunakan untuk menyelidik struktur hablur dan jarak pemisahan antara atom-atom dalam suatu bahan hablur.

 

Dalam bidang penerbangan

Dalam penerbangan sinar X  digunakan untuk mengetahui instrument pesawat yang mengalami kerusakan. Hasil dari penggunaan sinar X ini memudahkan tehnisi pesawat untuk melakukan perawatan terhadap instrument pesawat yang mengalami kerusakan.