radiopraphy-multix-select-dr-digital-x-ray-machine-tall-people-02476964-10.jpg

Perbedaan X-Ray,CT-scan, dan MRI

Ketika anda merasakan gangguan kesehatan dan memutuskan untuk mencaritahu ke rumah sakit, biasanya dokter akan menyarakan anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan. hal ini dilakukan dokter agar bisa tahu keadaan gangguan sehatan anda lebih tepat, sehingga bisa diatasi dengan cara yang tepat pula. beberapa pemeriksaan yang harus anda jalani diantaranya adalah pemeriksaan X-ray,CT-scan, dan MRI.

Inilah perbedaan pemeriksaan X-ray,CT-scan, dan MRI.


 

X-ray atau roentgen adalah pemberian dosis radiasi ionisasi dalam jumlah kecil pada tubuh untuk menghasilkan citra atau gambaran tubuh bagian dalam. X-ray merupakan cara atau treatment yang paling tua dan sering digunakan untuk pencitraan di dalam dunia medis. X-ray konvensional (rontgen) merupakan pengambilan gambar dari suatu obyek dengan menggunakan sinar-X. Obyek yang akan diamati akan disinari dengan sinar-X, dan dibelakangnya diletakkan film untuk menangkap gambar yang dihasilkan. X-ray biasanya sering digunakan untuk melihat ada atau tidaknya faktur atau patah tulang dan melihat gambar pada bagian dada seseorang.


 

CT scan adalah perkembangan dari X-ray (roentgen). CT scan sering digunakan untuk mendapatkan gambaran dalam dari berbagai sudut kecil dari organ tulang tengkorak, otak serta dapat juga untuk organ lain di seluruh tubuh. Alat CT scan adalah generator pembangkit sinar-X yang bila dioperasikan oleh operator akan mengeluarkan sinar-X dalam jumlah dan waktu tertentu. Sinar-X tersebut akan melewati jaringan tubuh yang akan diperiksa dan ditangkap oleh detektor. Oleh karena adanya perbedaan masa organ tubuh yang dilewati maka gambaran yang ditangkap juga berbeda-beda. Inilah yang akan direkonstruksi oleh sistem komputer yang canggih sehingga menghasilkan suatu potongan gambar organ tubuh. CT scan sangat sensitif mendeteksi penyakit dalam jaringan tubuh lunak seperti otak, hati, dan untuk melihat penyebaran suatu sel kanker dalam tubuh. Alat ini juga digunakan untuk melihat gangguan di bagian kepala. CT scan juga memberikan gambar organ internal yang tidak mungkin untuk digambarkan dengan bantuan X-ray.

 


MRI

 

MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan suatu alat diagnostik terbaru untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh Anda dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa operasi, penggunaan sinar X, ataupun bahan radioaktif. Selama pemeriksaan MRI, akan memungkinkan molekul-molekul dalam tubuh bergerak dan bergabung untuk membentuk sinyal-sinyal. Sinyal inilah yang akan ditangkap oleh antena dan dikirimkan ke komputer untuk diproses dan ditampilkan di layar monitor menjadi sebuah gambaran yang jelas dari struktur rongga tubuh bagian dalam. Kelebihan MRI jika dibandingkan dengan peralatan lain adalah gambar yang dihasilkan lebih jelas serta dapat dilihat dari berbagai sisi tanpa melibatkan pengunaan radiasi, memberikan hasil tanpa perlu mengubah posisi pasien dan tidak menggunakan kontras untuk sebagian besar pemeriksaan MRI. MRI menciptakan gambar yang dapat menunjukkan perbedaan sangat jelas dan lebih sensitif untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh, terutama otak, sumsum tulang belakang dan susunan saraf dibandingkan dengan pemeriksaan X-ray biasa maupun CT scan.