healthy-start-logo-final.jpg

Amankah Makanan Yang Anda Makan

Dalam sistem manajemen HACCP (Hazarad Analysis Critical Control Point), Inspeksi merupakan prosedur penting dalam pengendalian bahaya pada produk makanan. proses pengendalian bahaya pada makanan dapat dikendalikan sejak bahan baku untuk produksi digunakan.

Proses pengendalian bahaya salah satunya adalah penghilangan kontaminan secara biologis, kimia, dan fisik. Untuk kontaminan fisik proses pemurnian dapat dimulai dengan menggunakan magnet sebagai filter metal dan beda yang ditarik magnet,metal detector utnuk menangkap kontaminan metal, tahap akhir yang lebih maksimal pemurnian menggunakan teknologix ray mesin .

MesinX-Ray merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda benda asing sperti metal, pecahan kaca, butiran keramik, batu, plastik keras, dapat juga mendeteksi kontaminan dengan nilai massa jenis atau densitas rendah seperti kertas, rambut, string, dan serangga.

Cara kerja mesinX-Ray adalah menggunakansinar x ray dimana pendeteksian akan ditangkap seperti halnya proses radiologi pada rumah sakit dan bandara.

Beberapa hal yang diperlukan dalam memeilih x ray adalah

  1. Jenis produk yang akan dideteksi
  2. Dimensi produk (lebar,tinggi, dan panjang)
  3. Jenis kemasan
  4. Berat Produk
  5. Suhu Produk
  6. Jenis Material yang akan dideteksi apakah metal, keramik, gelas atau yang lain
  7. Nilai sensitifitas atau ukuran kontaminan minimal yang akan dideteksi
  8. Kecepatan konveyor
  9. Jenis rejector (stop alarm dengan rejektor)
  10. Tegangan listrik yang digunakan