PD6500i_gray-500x500.jpg

Seberapa Tahukah Pemahaman Kita Mengenai Metal Detector

 1. Apakah metal detector itu? Dan bagaimana cara kerjanya?

Metal detector  adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi semua jenis metal. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan gelombang electromagnet. Apabila terjadi perubahan gelombang yang tidak sesuai, maka akan di baca sebagai metal yang mengganggu, dan di deteksi adanya metal yang lewat di lubang metal detector.

 

2. Bagaimana menurut anda cara pasang metal detector yang baik?

Dengan memperhatikan faktor lingkungan sekitar, apakah disekitarnya ada gangguan medan elektromagnetik ( seperti dekat dengan inverter, atau installasi listrik yang kurang bagus, atau adanya kabel listrik dengan kapasitas besar di sekitar metal detector ). Pengecekan kondisi fisik yang sesuai atau tidak terjadi getaran/gangguan fisik. dengan memperhatikan hal tersebut maka metal detector bisa beroperasi dengan optimum.

 

3. Apa yang dimaksud product effect? Bagaimana pengaruhnya terhadap metal detector?

Product effect adalah effect yang terjadi/perubahan gelombang elektromagnet pada  metal detector  yang terjadi dikarenakan produk. Dimana product effect suatu produk dipengaruhi oleh kadar garam, kadar air, suhu dll dari suatu produk.

 

4. Apakah Aluminium dan tembaga bisa dideteksi metal detector?

Bisa, karena aluminium dan tembaga adalah metal.

 

 5. Bagaimana cara anda untuk verifikasi metal detector?

Verifikasi adalah tindakan untuk memastikan kinerja suatu alat sudah sesuai dengan standard kinerja alat tersebut. Untuk metal detector, melewatkan produk dengan menggunakan testpiece/metal test yang sesuai pada posisi yang sesuai untuk beberapa kali pelewatan adalah tindakan verifikasi. Record data untuk verifikasi sangat diperlukan

 

 6. Ada suatu produk dengan sensitifitas standart Fe 1.0 mm dan SUS304 2.0 mm. Kemudian di dalam salah satu produk terkontaminasi pasir besi sebesar 0.1mm sebanyak 10 biji dalam posisi tersebar. Apakah bisa dideteksi oleh metal detector?

Tidak, karena effect yang di timbulkan tidak akan sebesar Fe 1.0 mm. Effect yang terjadi tidak terakumulasi.

 

 7. Pada produk di atas, terkontaminasi kawat Stainless 304 dengan ukuran diameter 0.6 mm dan panjang 1.5 mm, apakah bisa terdeteksi oleh metal detector?

Tidak, karena pada kasus kawat, hanya pada arah tertentu saja yang bisa di deteksi, sedangkan untuk kontaminan aktual, kita tidak tahu arahnya.

 

 8. Menurut anda, jika menemukan produk yang terdeteksi metal oleh metal detector, apa yang akan  anda lakukan?

Mengamankannya sehingga tidak tercampur dengan produk yang bagus. Proses pengamanan ini biasanya menggunakan box khusus untuk mengumpulkan produk produk yang terkontaminasi untuk selanjutnya diproses sesuai dengan standard yang berlaku.

 

 9. Menurut anda, apa saja yang bisa menyebabkan kinerja metal detector menurun?

Gangguan konveyor, konveyor belt yang aus, gesekan dengan mesin yang lain, atau perubahan produk yang tidak sesuai dengan pada saat seting metal detector dilakukan. penambahan mesin lain atau perubahan line produksi yang tidak sesuai juga merupakan salah satu penyebab turunnya kinerja metal detector.

 

 10. Apa yang akan anda lakukan apabila produk yang  tidak terkontaminasi  metal, terdeteksi oleh metal detector sebagai produk yang NG?

Pengecekan metal detector  tanpa produk perlu dilakukan. Hal ini ditujukan untuk pengecekan kondisi standard mesin apakah sudah sesuai atau tidak. Apabila standard mesin sudah sesuai dan masih terjadi, maka produk perlu diteliti, apakah ada perubahan.