1aaa5b55-3fa9-478b-aa41-79b12ad106f5.jpg

Polisi Sita Belasan Golok dari Penumpang Kapal di Tanjung Priok

Jakarta - Belasan golok diamankan polisi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Barang tersebut didapatkan dari penumpang KM Bahari Indonesia yang baru saja tiba di sana.

 

"Petugas mengamankan 16 bilah golok yang dibawa oleh penumpang KM Bahari Indonesia yang datang dari Pontianak. Pemeriksaan dilakukan pada hari ini sekitar pukul 04.30 WIB," kata Perwira Pengawas Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Sukardi lewat keterangannya, Rabu (19/7/2017).

 

Golok tersebut milik Umrah dan Rusni, yang merupakan petani. Hal ini diketahui saat pemeriksaan kepada para penumpang

dengan mesin X-ray .

 

Keduanya beralasan golok dan parang tersebut dibawa dari Pontianak untuk keperluan bekerja di perkebunan sawit. Mereka berencana membawa pulang kembali barang tersebut. Umrah dan Rusni lalu diserahkan kepada petugas piket Satreskrim untuk didata.

 

"Selain golok dan parang, dalam pemeriksaan X-ray tersebut, didapati senapan angin kaliber 4,5 mm atas nama pemilik Saudara Hendra. Selanjutnya diserahkan ke petugas piket intelijen untuk pemeriksaan lebih lanjut soal kepemilikan dan peruntukannya," ujarnya.

 

Dalam pemeriksaan ini, petugas juga mengamankan belasan ekor burung dari berbagai jenis. Burung tersebut dibawa tanpa kelengkapan surat-surat.

 

"Petugas juga mengamankan 19 ekor burung berbagai jenis, yakni seekor burung beo, 6 ekor burung cakling, 9 ekor burung kolibri, 1 ekor burung pelatuk, dan 2 ekor burung trocokan, yang tidak dilengkapi surat-surat. Burung-burung tersebut lalu diserahkan kepada pihak Karantina Hewan Pelabuhan Tanjung Priok," ungkapnya.

 

Sukardi mengatakan pemeriksaan ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penumpang. Ada 27 personel yang dilibatkan dalam pemeriksaan ini.

 

"Pemeriksaan ketat dilakukan untuk mendeteksi barang-barang berbahaya dan dilarang. Apalagi saat ini jalur laut dijadikan celah bagi para penyelundup narkoba. Kapolres Roberthus Yohanes De Deo menjadikan hal ini sebagai atensi," tutupnya.

 

sumber:detik.com